Artikel

Tiga Instansi Segera Nikmati Kenaikan Gaji Melalui Remunerasi

2 March 2010 | 21:36  -  ditulis oleh: saeful zafar

  EMAIL     PRINT


Tahun ini pemerintah kembali memberikan remunersi kepada 7 instansi, sisanya pada 2011.

menurut vivanews.com Tiga kementerian/lembaga (KL) bakal menikmati kenaikan remunerasi yang kemungkinan diterima pada Maret 2010 mendatang. Tiga KL yang menyatakan siap adalah Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Kementerian Koordinator Perekonomian.

“Belum tentu remunerasi atau pemberian tunjangan jabatan itu bisa tinggi,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan usai Rapat Kerja Gabungan Komisi II, III, dan X DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, 25 Januari 2010.

Menurut Mangindaan, KL yang sudah memperoleh remunerasi pada tahun 2009 sebanyak 5 lembaga. Tahun ini pemerintah rencananya akan kembali memberikan remunersi kepada 7 KL, dan sisanya pada tahun 2011.

Selain 3 KL yang sudah siap, lembaga lain yang akan menyusul adalah TNI, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral.

Mangindaan menambahkan seluruh KL sudah memasukkan berkas-berkas dan kini tim reformasi birokrasi tengah menganalisa semuanya. “Kami akan kita tanyakan ke Menteri Keuangan,” kata dia.

 

Terkait anggaran untuk kenaikan tunjangan 7 KL tersebut, pemerintah saat ini masih melakukan penghitungan. Selain itu usulan anggaran juga harus meperoleh persetujuan dari DPR. “Perhitungannya saya kira selesai Juni, sementara yang Maret sedang kami hitung. Tiap kuartal akan kita lihat,” ujar dia.

 

Terkait remunerasi tersebut, Kementerian PAN sebetulnya hanya menyasar persoalan reformasi birokrasi di lingkungan KL. “Kalau kelebihan SDM berarti tidak ada job, nah terus kami berikan tunjangan ke siapa,” katanya.

Dari berbagai hal yang telah dipaparkan diatas maka pertanyaannya adalah sudah siapkah BPN-RI mempersiapkan diri untuk dilakukan penilaian kinerjanya sehingga dinilai oleh MenPan sebagai salah satu yang patut diberikana REMUNERASI paling tidak pada tahun 2011 mendatang ??

Buku kamus jabatan BPN RI mungkin merupakan salah satu instrumen untuk menuju hal tersebut, namun sayangnya informasi tentang itu sangat terbatas, sehingga banyak karyawan BPN RI di daerah-daerah yang menganggap dengan adanya buku kamus jabatan tersebut sudah jadi jaminan akan di terapkannya REMUNERASI di lingkungan BPN RI. Untuk itu mungkin akan lebih baik apabila penyusunan buku jabatan tersebut ditindak lanjuti dengan sosialisasi kepada para karyawan BPN RI tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi terkait dengan tugas masing-masing yang diuraikan dalam buku jabatan tersebut, termasuk resiko yang ada jika tidak dapat memenuhinya.